Category 1

Theme Support

Haul ke-50 Sang Syahiedul Kabir

Pamekasan – Pasti Aswaja –Sekitar 6 ribu wali santri, alumni dan simpatisan Pondok Pesantren As-Syahiedul Kabir, Sumber Batu, Blumbungan, Larangan, Pamekasan, hadir memenuhi tenda yang disediakan panitia di halaman utama pesantren tersebut. Acara itu dilaksanakan dalam rangka memperingati haul ke-50 KH. Jufri Marzuqi sekaligus haflatul ikhtibar ke-56 pesantren itu pada Sabtu malam (30/05/15).

KH. Jufri Marzuqi adalah salah satu tokoh NU Pamekasan yang menjadi korban pembunuhan oleh oknum PKI saat perjalanan pulang setelah mengisi pengajian di Sampang, Madura.

"Kiai Jufri adalah salah satu tokoh NU di Pamekasan. Beliau wafat, karena dibunuh oleh PKI dalam perjalanan pulang dari Sampang, setelah beliau mengisi pengajian di Sampang." Kata R. Hamdi Utsman saat dihubungi Pasti Aswaja pada acara itu.

As-Syahiedul Kabir adalah gelar kepada KH. Jufri Marzuqi dari KH. Idham Chalid saat upacara pemakaman yang kemudian dijadikan nama pesantren itu dengan tujuan untuk mengenang jasa-jasa Jufri yang dinilai pantang menyerah dalam memperjuangkan agama dan bangsa.

"Makanya pesantren ini diberi nama As-Syahiedul Kabir. Tujuannya adalah untuk mengenang beliau." Kata mantan aktivis PMII Yogyakarta ini.

Tidak hanya keluarga yang merasa kehilangan dengan berpulangnya Jufri ke Rahmatullah, tapi juga seluruh umat islam di Indonesia. "Pada waktu upacara pemakaman Kiai Jufri, hadir juga ketua umum PBNU pada waktu itu, KH. Idham Chalid, dengan mengendarai helikopter milik TNI AU. Ini menunjukkan bahwa tidak hanya keluarga beliau saja yang merasa kehilangan, seluruh umat Islam yang ada di Indonesia juga kehilangan." Tutur Hamdi yang masih keturunan Jufri Marzuqi.

Acara yang berakhir jam 24:00 itu juga dihadiri kepala Kan. Kemenag Kabupaten Pamekasan, Drs. H. Juhedi, M.Pd.I, dan diisi dengan amaliyah-amaliyah ke-NU-an seperti istighatsah, fatihah untuk KH. Jufri Marzuqi, shalawat barzanji dan ceramah agama oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Arifin, Curah Kalong, Bangsal Sari, Jember, DR. KH. Abdullah Syamsul Arifin, MH.I. (vix / ahn)

0 Response to "Haul ke-50 Sang Syahiedul Kabir"

Post a Comment

wdcfawqafwef