Category 1

Theme Support

HIMASAL Gelar Munas Ke-3


Kediri –Pasti Aswaja – Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) menggelar Musyawarah Nasional (MUNAS) yang ke-3. Kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Lirboyo ini dimulai sejak Senin (25/05) sampai Selasa (26/05) itu dibuka oleh Plt. Rais Syuriah PB NU, KH. Musthofa Bisri.

Saat memberikan sambutan pada acara itu, Gus Mus, sapaan akrab Musthofa Bisri menyampaikan bahwa kiai dan pesantren mempunyai peran dalam menciptakan stabilitas negara.

"Indonesia ini bisa aman dan tenteram, karena ada pesantren dan NU. Karena pesantren itu ada kiai, dan kiai adalah orang yang melihat umat dengan kaca mata rahmat. Bukan sebaliknya." Kata pengasuh pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang ini.

Sedangkan ketua umum HIMASAL, KH. Abdul aziz Manshur, saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa HIMASAL adalah wadah bagi alumni pesantren yang berumur 105 tahun ini, "organisasi ini adalah wadah bagi para alumni Lirboyo." Katanya. "Dengan maksud selain sebagai media silaturrahmi,  juga agar para alumni tetap bisa mengamalkn ilmunya ketika pulang ke rumahnya masing-masing." Imbuh Abdul Aziz.

Dalam Munas ke-3 HIMASAL kali ini, dibagi menjadi empat komisi, yaitu: komisi organisasi, komisi program, komisi rekomendasi/taushiyah dan komisi bahsul masa'il.

Kegiatan yang dihadiri Menteri Agama, Drs. Luqman Hakim Saifuddin, dan 90 ribu orang perwakilan cabang HIMASAL dari seluruh pelosok NUsantata ini juga dimeriahkan dengan pasar rakyat yang digelar sejak tanggal 18 Mei yang lalu. Tidak hanya Menag, kegiatan ini juga dihadiri oleh Menteri Desa dan Percepatan Daerah Tertinggal, Hanif Dahkiri dan ketua umum PB NU yang juga alumni pesantren yang didirikan oleh Alm. KH. Abdul Karim, Prof. Dr. KH. Said Agil Siraj, MA.

Untuk diketahui, pesantren yang berdiri sejak tahun 1910 ini sekarang sudah memiliki ±15 ribu santri.(vix / ahn)

0 Response to "HIMASAL Gelar Munas Ke-3"

Post a Comment

wdcfawqafwef