Category 1

Theme Support

Ingin Ciptakan Kader Ulul Albab, PMII Subur Mantapkan Aswaja



Pamekasan – Pasti Aswaja – Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) yang diyakini sebagai firqotun najiyah (kelompok yang selamat di akhirat) oleh seluruh warga nahdliyin (sebutan bagi warga NU), merupakan kelompok yang menjunjung tinggi nilai-nilai moderasi dan toleransi.

Untuk mewujudkan insan-insan dengan karakteristik Aswaja, PK. (Pengurus Komisariat) PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Sumber Bungur (Subur), Pakong, Pamekasan menggelar PKD (Pelatihan Kader Dasar) pada Jumat malam (23/05/15) yang bertemakan "Mencetak Kader Ulul Albab Dalam Bingkai Aswaja".

Pengambilan tema tersebut, menurut ketua komisariat PMII Subur, Moh. Iqbal, bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Aswaja kepada seluruh peserta agar nantinya bisa menjadi insan yang bijaksana dalam menyikapi keragaman di Indonesia, "Aswaja selain sebagai madzhab, PMII juga menjadikannya sebagai manhajul fikr (metodologi berfikir. Red.). Aswaja sebagai manhajul fikr ini yang sangat dibutuhkan dalam menyikapi ke-bhineka-an yang ada di bumi Nusantara. Itu yang kami maksud sebagai insan ulul albab (berakal sempurna. Red.)." Jelas Iqbal.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh delegasi dari seluruh komisariat di Madura itu akan digelar selama tiga hari berturut-turut dan dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Islam Miftahul Ulum, Lebbek, Pakong, Pamekasan.

Masih menurut Iqbal, Aswaja sebagai manhajul fikr juga sangat bermanfaat dalam menciptakan kader yang bertanggung jawab akan fungsinya sebagai mahasiswa dan warga negara.

"Aswaja sebagai manhajul fikr juga mengajarkan kepada kita untuk mencintai tanah air. Jadi, jika Aswaja benar-benar dijiwai oleh seluruh warga PMII, maka mereka akan sadar dengan fungsinya sebagai warga negara, dan secara otomatis akan menyadari fungsi kemahasiswaannya sebagai agen perubahan dan agen kontrol sosial." Kata Iqbal.

"Nah, jika demikian, maka tidak heran jika Islam Aswaja yang diterapkan oleh NU menjadi kiblat Islam dunia." Pungkas Iqbal. (ahn / zam)

0 Response to "Ingin Ciptakan Kader Ulul Albab, PMII Subur Mantapkan Aswaja"

Post a Comment

wdcfawqafwef