Category 1

Theme Support

Tanamkan Nilai-Nilai Nasionalisme dan Sosialisme Melalui PKD

Serius: peserta PKD saat mendalami materi-materi PKD

Pamekasan — pastiaswaja.org— Untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme bagi para calon kadernya, PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) komisariat STAI Miftahul Ulum Pamekasan menggelar PKD (Pelatihan Kader Dasar) untuk para alumni MAPABA (Masa Penerimaan Anggota Baru) dengan tema "PMII dan Garuda Sakti Untuk NKRI".

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan calon kader komisariat PMII dari seluruh Madura ini dilaksanakan mulai 30 April sampai 3 Mei 2015 di LPTQ (Lembaga Pendidikan Tahfidzul Quran) Nurul Jadid, Desa Rombuh, Palengaan, Pamekasan.

Menurut ketua panitia, Muhammad Abror, tujuan dari tema itu adalah untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan sosialisme terhadap para calon kader PMII. "Pengambilan tema pada pelaksaan PKD kali ini bertujuan untuk menciptakan kader yang sosialis dan nasionalis." Jelas Boonk, sapaan akrab Muhammad Abror, kepada Pasti Aswaja.

"Dalam garuda sakti terdapat elemen-elemen yang bisa mengarahkan kader untuk memahami arti dari sosialis dan nasionalis, sehingga hal ini menjadi kunci utama dalam mempertahankan keutuhan NKRI." Tambahnya.

Karena tujuannya menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan sosialisme, maka panitia menyesuaikan pembahasan materi-materi wajib PKD melalui silabus yang disusun oleh panitia, tanpa mengurangi dan menambah materi-materi tertentu. "Materi-materi PKD itu 'kan sudah ditetapkan melalui kongres, jadi kita tidak mungkin mengurangi atau menambah materi-materi tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan ini (PKD. red.). Kita hanya menyesuaikan tujuan kita ini melalui silabus yang disusun oleh tim khusus yang dibentuk panitia." Papar ketua komisariat PMII STAI-MU, Zamroni.

Saat memberikan sambutannya pada pembukaan kegiatan ini, ketua umum PC (Pengurus Cabang) PMII Pamekasan, Mohammad Imron, menaruh harapan besar akan tertanamnya nilai-nilai nasionalisme dan keagamaan melalui PKD ini. "STAI-MU ini merupakan salah satu perguruan tinggi di Pamekasan yang berlatar belakang pesantren, maka dari itu kami (PC. PMII Pamekasan. Red.) memiliki harapan besar dengan komisariat yang berlatar belakang pesantren yang kajiannya pada ranah keislaman juga bisa mengawal nilai kebangsaan dan kenegaraan. Dengan nilai keislaman itu kita bisa menjujung tinggi nilai kebangsaan seperti yang selalu kita nyanyikan dalam mars PMII 'pembela bangsa penegak agama." Kata Ron. (fiq)

0 Response to "Tanamkan Nilai-Nilai Nasionalisme dan Sosialisme Melalui PKD"

Post a Comment

wdcfawqafwef