Tuesday, June 9, 2015

Pemilihan Demokratis, PCNU Surabaya Punya Ketua Baru

Surabaya - Pasti Aswaja - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya menggelar Konferensi Cabang (Konfercab), akhir pekan (7/6), di Pesantren Al-Fatich Osowilangon Surabaya, Jawa Timur. Saat pemilihan pemimpin baru, konferensi lima tahunan ini berlangsung demokratis.

Konfercab diisi dengan sidang komisi organisasi, dan komisi rekomendasi. Pada malam hari, dalam sidang pleno dilaksanakan pemilihan yang dipimpin oleh utusan PWNU Jatim. “Komisi bahtsul masail dibahas satu minggu sebelum acara. Kalau dibahas di konfercab tidak mencukupi waktunya," kata KH Asyhar Shofwan, Ketua SC Konfercab NU Surabaya saat ditemui NU Online.


Rais syuriah dan ketua tanfidhiyah PCNU Surabaya dipilih melalui pemungutan suara. Pemilik hak suara berjumlah 213 suara, representasi dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Pengurus Ranting NU (PRNU) di kota setempat. Prosesi pemungutan suara dimulai dengan penyaringan bakal calon dan calon.
"Sesuai dengan peraturan dalam AD/ART, bakal calon yang sah menjadi calon sekurang-kurangnya didukung 40 suara, maka dengan ini nama yang menjadi calon rais syuriah adalah KH Dzul Hilmi dan KH Mas Sulaiman sama memperoleh 100 suara," kata Rubaidi pimpinan sidang pleno saat membacakan hasil pemilihan.


KH Mas Sulaiman dalam proses pemilihan selanjutnya terpilih sebagai Rais Syuriah PCNU Surabaya dengan 113 suara. Sedangkan pada pemilihan ketua tanfidhiyah, H Ali Burhan memperoleh suara tertinggi mengungguli calon lainnya, H Saiful Chalim (petahana).


“Dengan hasil pemilihan ini maka saya sebagai pimpinan sidang menetapkan KH Mas Sulaiman (sebagai Rais Syuriah) dan H Ali Burhan (sebagai Ketua Tanfidhiyah) NU Cabang Surabaya periode 2015-2020," kata Rubaidi.


Keduanya telah menyatakan kesediaan dan menandatangi kontrak jam'iyah. "Terima kasih kepada seluruh pengurus MWC dan Ranting yang telah memberikan amanah dan mandat ini. Saya berjanji akan menyerap aspirasi dari ranting," kata Ali Burhan, ketua tanfidhiyah terpilih.  


Menurutnya, ranting NU di Surabaya terlihat aktif ketika momen konfercab tiba, tetapi tidak pada hari biasa. "(Memperbaiki kondisi) inilah yang saya prioritaskan," katanya. (bor / nu.or.id)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive