Category 1

Theme Support

Wisuda Perdana Ma'had Tibyan li Al-Shibyan Miftahul Ulum Panyeppen

Pamekasan – Pasti Aswaja – Ma'had Tibyan li Al-Shibyan (pondok cilik) Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen, Potoan Laok, Palengaan, Pamekasan untuk pertama kalinya mewisuda 18 orang peserta didiknya yang telah lulus mengikuti program cepat baca kitab kuning (kitab tulisan Arab tanpa harakah) melalui metode Al-Miftah Lil Ulum yang disusun oleh Pondok Pesantren Sidogiri, Kraton, Pasuruan (05/06/15).

Sebelum prosesi wisuda dimulai, calon wisudawan membaca kitab Fathul Qarib. Tidak hanya itu saja, para undangan yang hadir diberi kesempatan untuk menanyakan sepuluh pertanyaan seputar nahwiyah (gramatika arab) kepada para calon wisudawan berkaitan dengan kitab yang dibacanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman utama SMP Al-Miftah Terpadu Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen itu dihadiri langsung oleh Ust. A. Qusyairi Ismail, penyusun metode Al-Miftah Lil Ulum.

Calon wisudawan bersiap-siap sebelum prosesi wisuda
Dalam sambutannya, Qusyairi menyampaikan bahwa metode itu lahir atas kegelisahan majelis keluarga pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri terhadap banyaknya santri yang tidak bisa baca kitab kuning. "Al-Miftah Lil Ulum ini lahir dari kegelisahan keluarga pengasuh yang perihatin dengan banyaknya santri yang tidak bisa baca kitab kuning." Kata Qusyairi.

"Dengan metode ini, diharapkan tidak hanya bisa mencetak santri yang cakap membaca kitab kuning, tapi juga mampu melahirkan santri yang bisa menulis dan mengarang kitab kuning." Imbuhnya, mengakhiri sambutan.

Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen, RKH. Muhammad Muddatstsir Badruddin, saat memberikan ceramah agama, menyampaikan tentang pentingnya pendidikan dini bagi anak-anak. "Islam mengajarkan umatnya untuk belajar sejak dari lahir, karena setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan suci. Orang tuanya yang berperan penting dalam mencetak anaknya, mau dijadikan apa nanti setelah besar." Kata Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur ini.

Untuk diketahui, Ma'had Tibyan li Al-Shibyan adalah salah satu program khusus bagi anak-anak usia Sekolah Dasar di pesantren yang berdiri sejak tahun 1827 itu, dengan materi khusus sehingga para peserta didiknya mampu membaca kitab kuning, menghafal kitab 'Imrithi, menghafal hadits dalam jangka waktu satu tahun. (ahn)

3 Responses to "Wisuda Perdana Ma'had Tibyan li Al-Shibyan Miftahul Ulum Panyeppen"

wdcfawqafwef