Category 1

Theme Support

Ada “PKI” Pada Perayaan HUT RI ke-70 di Pamekasan

PamekasanPasti Aswaja – Karnaval yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Pamekasan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-70 diwarnai dengan kemunculan simbol Palu-Arit yang menjadi lambang Partai Komunis Indonesia (PKI), Sabtu (15/08/15). Selain itu, ada beberapa orang yang berperan sebagai anggota PKI, Korban PKI, dan ada juga yang membawa gambar tokoh-tokoh PKI seperti DN Aidit, Chairul Saleh dan Dipo Nusantara.

Tampak juga sejumlah umbul-umbul PKI yang terpajang pada kelompok karnaval yang merupakan utusan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pamekasan.

Kontan saja kemunculan simbol dan para tokoh “Palu Arit” itu menuai komentar bernada kecaman.

“Mungkin cita-citanya jadi komunis.” Komentar direktur Aswaja NU Center Pamekasan, Farid Mawardi, melalui rilis yang diterima Pasti Aswaja. “PKI itu pahlawan, ya?” Lanjutnya retoris.

Menurutnya, PKI itu merupakan dalang dari banyak pembunuhan di daerah Tapal Kuda, “menurut kesaksian Kiai As'ad Syamsul Arifin, bahwa PKI dalang banyak pembunuhan di daerah tapal kuda.” Jelasnya.

Berkenaan dengan hal itu, pihak Komandan Kodim 0826 Pamekasan, Jawa Timur, Letnan Kolonel Armed Mawardi mengaku kecolongan munculnya simbol-simbol PKI dalam karnaval memperingati HUT ke-70 RI di Kabupaten Pamekasan. 

Surat edaran panitia karnaval
Dikutip dari kompas.com, dia menjelaskan kepada wartawan, para komandan Koramil di Pamekasan kecolongan karena saat karnaval banyak bertebaran gambar dan lambang PKI. 

"Ini harus dievaluasi dan harus ditindaklanjuti serta harus diselesaikan," kata pria kelahiran Magelang ini.

Berdasarkan imformasi, pihak kodim merobek simbol-simbol PKI itu, karena dinilai sudah meresahkan masyarakat.

Sampai berita ini diturunkan, pihak kepolisian memanggil Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, Alwi, sebagai penanggung jawab kegiatan. Polisi juga menyita sejumlah atribut PKI, di antaranya gambar palu dan arit, serta foto tokoh-tokoh PKI yang digunakan dalam karnaval.

Sebelumnya, kepolisian resort Pamekasan juga sudah memanggil pihak MKKS, dan kemudiam memanggil panitia, karena MKKS hanya mengikuti surat edaran dari panitia pelaksana. (ahn)

0 Response to "Ada “PKI” Pada Perayaan HUT RI ke-70 di Pamekasan"

Post a Comment

wdcfawqafwef