Sunday, August 2, 2015

Pembukaan Muktamar NU Berjalan Meriah dan Penuh Canda-Tawa

JombangPasti Aswaja – Pembukaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama yang dilaksanakan di Alun-Alun Jombang tidak hanya meriah, tapi juga “cair” dan penuh canda-tawa, Sabtu (01/08/15).

Keceriaan itu terlihat dari orang-orang yang memberikan sambutan. Drs. Syaifullah Yusuf, sebagai ketua panitia saat memberikan laporan kegiatan itu menyampaikan laporannya dimulai dengan joke plesetan kata hadirin dan hadirat.

“Bapak Presiden, yang datang disini hadirin dan hadirot. Hadirin itu hadir ‘in’ (bahasa Inggris. Red.) di dalam gedung, hadirot itu hadir ‘out’ (bahasa Inggris. Red.) di luar gedung.” Kata Wakil Gubernur Jawa Timur ini diikuti gelak tawa ribuan hadirin. Dan masih banyak lagi joke-joke lainnya yang membuat peserta tertawa lepas.

Seperti menanggapi joke-joke wakilnya, Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo saat memberikan sambutan atas nama tuan rumah, juga mengeluarkan joke tanggapan untuk Wakilnya yang akrab disapa Gus Ipul.

“Tadi wakil saya memberikan laporan, yang saya tidak bisa mengontrol laporannya.” Kata laki-laki yang akrab disapa Pakde ini. “Bapak Presiden, sebagai ketua IGGI saya tidak bisa mengontrol, tapi sebagai wakil gubernur, saya bisa. IGGI itu simgkatan dari Ikatan Gus-Gus Indonesia.” Lanjut Pakde dan hadirin kembali dibuat tertawa.

‘Setali tiga uang' saat Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), Prof. DR. KH. Said Aqil Siraj, MA, menyampaikan sambutannya. Alumni Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo, Kediri yang akrab disapa Kang Said.

“Bapak Presiden datang ke acara ini dengan memakai sarung. Sarung itu adalah seragam dinas Nahdliyin (sebutan untuk warga NU. Red.).” Canda Kang Said, diiringi gelak tawa dan tepuk tangan Nahdliyin yang hadir.

Menanggapi sambutan-sambutan yang penuh candaan itu, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, mengungkapkan kebahagiaannya bisa datang ke Provinsi Jawa Timur.

“Saya senang sekali datang ke Jawa Timur ini. Kenapa? Gubernur dan wakilnya sama-sama lucu.” Ujar Jokowi, dan lagi-lagi Nahdliyin dibuat tertawa.

Pembukaan kegiatan lima tahunan ini, dihadiri oleh puluhan ribu warga NU dari seluruh penjuru Nusantara dan perwakilan organisasi di luar negeri. Hadir juga para mufti dari Palestina, Lebanon, dan Mesir. Selain itu, seluruh menteri yang tergabung dalam kabinet kerja juga turut hadir. Panitia juga mengundang ketua-ketua partai politik dan Ormas. Tampak juga di deretan kursi VVIP, mantan presiden RI, Megawati Soekarno Putri dan Ibu Shinta Nuriyah Wahid (istri mendiang Gus Dur).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 20:00 ini dimeriahkan oleh paduan suara yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dam Fatayat NU sampai mencapai seribu orang dan diiringi oleh Bintang Sembilan Orchestra. Sebelum acara dimulai, orchestra dan paduan suara kebanggan NU ini melantunkan lagu-lagu ke-NU-an dan lagu-lagu nasional. Turut ambil bagia, bintang tamu asal Amerika yang menjadi teman duet Maher Zain.

Acara ini resmi dibuka ditandai dengan pemukulan bedug oleh Presiden Jokowi.
Semakin menambah semaraknya acara ini, saat pesta kembang api dimulai setelah acara selesai. (ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive