• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer

Theme Support

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Recent Posts

Popular Posts

Pasti Aswaja's Content

Antara Kyai Wahab Hasbullah, Kyai Bisri Syansuri dan Akhlaq Nahdliyah

 on Monday, September 21, 2015  

Pasti Aswaja –  Hubungan antara Kyai Wahab yang dikenal ahli ushul fiqh dan Kyai Bisri yang dikenal ahli fiqh, adalah hubungan yang sulit dicerna, meskipun keduanya adalah ipar (Kyai Bisri menikah dengan adiknya Kyai Wahab) namun terkadang lengket terkadang juga panas, baik dalam masalah agama, organisasi, kenegaraan hingga politik.

Dalam sebuah Bahtsul Masa'il yang membahas tentang hukum Drum Band, Kyai Wahab dan Kyai Bisri berdebat, hingga saking kerasnya perdebatan Kyai Bisri menggebrak meja, demikian juga Kyai Wahab 'tak mau kalah juga menggebrak meja bahkan dengan kaki. Kondisi itu membuat kyai-kyai dan pengurus NU khawatir akan terjadinya perpecahan di tubuh NU hanya gara-gara hukum Drum band. Namun diluar dugaan, di saat istirahat dan ramah tamah, mereka berdua justru saling berebut untuk saling melayani pada jamuan makan. Dan hal itu membuat para hadirin saat itu tenang dan lega, bahwa kedua kyai itu adalah betul-betul panutan umat.

Kisah lain terjadi saat Muktamar NU ke 25 di Surabaya tahun 1971 dimana Kyai Wahab selaku Rais Am sudah sangat sepuh dan hanya di pembaringan karena sakit bahkan 'tak bisa menghadiri Muktamar. Hampir dipastikan bahwa Kyai Bisri adalah calon terkuat Rais Am sebagai pengganti Kyai Wahab, bahkan Kyai Bisri tinggal menunggu waktu untuk ditetapkan sebagai Rais Am, karena memang secara the facto memang Kyai Bisri Sudah Rais Am, mengingat Kyai Wahab sudah sakit dan berusia lanjut. Namun, sungguh dilluar dugaan. Meskipun seluruh muktamirin sudah bulat memilih beliau sebagai Rais Am, akan tetapi Kyai Bisri berdiri di hadapan anggota sidang dan berkata dengan santun, bahwa "selama masih ada Kyai Wahab, saya hanya bersedia menduduki jabatan di bawah beliau," artinya selama Kyai Wahab masih hidup, beliau tidak siap menjadi Rais Am.  Akhirnya, dari sikap beliau itu Rais Am tetap dijabat oleh Kyai Wahab dan Kyai Bisri menjadi wakilnya, namun tak lama dari muktamar itu, Kyai Wahab wafat dan otomtis Kyai Bisri menjadi Rais Am.

Sungguh akhlaq dan uswah yang mulia dari para pendahulu NU, karena pada hakekatnya para pendiri NU mewariskan akhlaq.

Lahumal Fatihah.
Dari berbagai sumber.
Oleh: Tim Redaksi

Antara Kyai Wahab Hasbullah, Kyai Bisri Syansuri dan Akhlaq Nahdliyah 4.5 5 Pasti Aswaja Monday, September 21, 2015 Pasti Aswaja  –   Hubungan antara Kyai Wahab yang dikenal ahli ushul fiqh dan Kyai Bisri yang dikenal ahli fiqh, adalah hubungan yang su...


No comments:

Post a Comment

Pasti Aswaja. Powered by Blogger.
J-Theme