Category 1

Theme Support

Insiden Mina, 3 WNI Meninggal Dunia

Mina – Pasti Aswaja Insiden yang terjadi di jalan 402 Mina, Kamis, (24/09/15) memakan ribuan korban luka-luka dan meninggal dunia. Dari ribuan korban itu 3 di antaranya adalah WNI (Warga Negara Indonesia) meninggalkan dunia (baca juga: Korban Tragedi Mina Terus Bertambah, #Tragedimina Jadi Trending Topics dan Berdesak-Desakan, Ratusan Jamaah Haji Meninggal Dunia di Mina).

"Hingga saat ini, korban wafat WNI ada 2 jamaah, plus 1 yg identitasnya masih terus ditelusuri." Kicau Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, melalui akun twitternya.

Berdasarkan informasi dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, yang dirilis oleh website Kementerian Agama RI (Kemenag RI), dua jamaah yang meninggal, yaitu Hamid Atwi Tarji Rofia (51 tahun) berjenis kelamin laki-laki berasal dari Kelompok Terbang (Kloter) Surabaya (SUB) 48 yang tinggal di tenda Maktab 2. WNI Korban meninggal lainnya adalah Busyaiyah Sahel Abdul Gafar (50 tahun) berasal dari Kloter Batam (BTH) 14 yang tinggal di Maktab 1. Kedua Maktab tersebut terletak di Mina Jadid.

Seperti dirilis Kemenag.go.id, kedua WNI itu diduga tersasar atau tidak tahu jalan karena akses tersebut diperuntukkan bagi jamaah haji dari Mesir, Afrika, dan Asia Selatan.

WNI lainnya yang meninggal dunia masih ditelusuri identitasnya oleh pihak Kemenag, “tidak ada identitas, tapi menggunakan pakaian jamaah haji indonesia,” kata Lukman, seperti dirilis website resmi Kemenag.

Sekalipun pihak Kemenag belum merilis secara resmi satu nama korban yang sedang ditelusuri, tetapi beredar kabar bahwa korban tersebut adalah WNI berjenis kelamin laki-laki asal Probolinggo.

Melihat banyaknya informasi yang tidak jelas validitasnya, Kemenag meminta kepada masyarakat Indonesia untuk menunggu informasi resmi dari pemerintah.

Untuk mengetahui kabar Jamaah Haji Indonesia di Mina, silahkan menghubungi Hotline +966543603154.

Informasi terakhir dari Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Kerajaan Arab Saudi, terkait jumlah korban insiden yang terjadi di Mina mencapai angka 1580 orang dengan perincian 863 orang luka-luka dan cidera dan 717 orang meninggal dunia. (ahn)

0 Response to "Insiden Mina, 3 WNI Meninggal Dunia"

Post a Comment

wdcfawqafwef