Category 1

Theme Support

Hari Kedua Sekolah Jurnalistik BEM STAI-MU Pamekasan

Sampang – Pasti Aswaja Setelah pembukaan (23/10/2015) sampai hari pertama (24/10/2015) Sekolah Jurnalistik Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI-MU) Pamekasan yang dilaksanakan di Hotel Wisata Camplong, Sampang, Madura peserta sudah mengikuti lima materi dari delapan materi yang disediakan (baca juga: Kerjasama Dengan Pasti Aswaja, BEM STAI-MU Pamekasan Laksanakan Sekolah Jurnalistik).

Pada pelaksanaan kegiatan ini, panitia pelaksana mendatangkan pemateri-pemateri handal dari Artha media, Surabaya.

Materi pertama (23/10/2015) yang dimulai jam 18:30-19:30, peserta menerima suguhan "Metode Berfikir Kritis". Hal ini tiada lain sebagai modal utama bagi jurnalis dalam menyikapi fenomena yang dihadapi. Materi ini diharapkan, agar peserta mampu berfikir jernih, rasional dan independen, sehingga bisa memiliki keteraturan dalam berfikir dan menulis.

Pada malam yang sama peserta menerima materi kedua, yaitu tentang "Pengenalan Pers dan Jurnalistik". Dalam materi ini, peserta diarahkan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan dunia pers atau media dan kewartawanan.

Keesokan harinya, Sabtu (24/10/2015) jam 07:30 WIB peserta kembali memasuki forum untuk menerima materi ketiga, yaitu "Metode Penggalian Data". Yang mana, pada materi ini peserta diharapkan bisa melakukan pengamatan secara obyektif dan subyektif. Pada materi ini, peserta mulai diajarkan menulis dengan mengamati gambar yang disediakan pemateri.

Setelah dua jam mengikuti materi ketiga, acara kemudian dilanjutkan dengan materi keempat, yaitu "Bentuk Penulisan Berita -Straigh News". Dalam materi ini, peserta langsung dikenalkan pembuatan Berita langsung yang paling sederhana. Pada materi ini, pemateri menugaskan peserta untuk membaca sebuah berita, dan kemudian memerintahkan untuk menulis kembali dengan bahasa sendiri.

Seterlah istirahat siang, jam 13:30 peserta mengikuti materi kelima, yaitu "Teknik Pembuatan Berita Depth News". Dalam materi ini, peserta dibentuk kelompok untuk mendiskusikan perencanaan pembuatan berita yang lebih mendalam. Setelah membuat kerangka berita, kemudian peserta ditugaskan untuk melakukan wawancara dengan menentukan narasumber sendiri dan membuat berita dari hasil wawancara yang sudah dilakukan.

Acara yang bekerja sama dengan Pasti Aswaja ini diagendakan akan berakhir hari ini (25/10/2015) jam 15:00 WIB. (bor)

0 Response to "Hari Kedua Sekolah Jurnalistik BEM STAI-MU Pamekasan"

Post a Comment

wdcfawqafwef