Wednesday, November 25, 2015

Jelang Kongres GP ANSOR ke XV, Nama Calon Ketua Umum Mulai Bermunculan

Pasti Aswaja – Menjelang dimulainya Kongres Gerakan Pemuda (GP) Ansor ke VX yang akan berlangsung pada 25-27 November 2015 di Pesantren Pandanarang, Yogyakarta, beberapa nama dispekulasikan akan maju sebagai calon Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP. Ansor.

Di antara nama yang santer dikabarkan bakal mencalonkan diri pada pesta demokrasi pemuda nahdliyin ini adalah Hery Hariyanto Azumi.

Mantan ketua umum PB PMII periode 2005-2007 ini mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum PP GP Ansor periode 2015-2020. Ia menyatakan sudah menghitung seluruh risiko, baik kalah maupun menang.

Dalam deklarasi yang diselenggarakan di sebuah hotel dekat gedung PBNU, Hery mengaku, ia maju karena dorongan dari kader-kader Ansor di berbagai daerah, “kalau diminta satu kali, mungkin kita menolak, tetapi kalau ada yang minta sampai tiga kali, maka haram hukumnya menolak,” paparnya.

Berbeda dengan Hery, Abdussalam Sohib yang merupakan cucu KH. Bisri Sansyuri dikabarkan bakal maju dengan dorongan dari tiga Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor, meliputi PW GP Ansor Aceh, Banten, dan Kalimantan Barat. 

Ketiga PW ini menyatakan dukungannya untuk memenangkan Gus Salam, sapaan Abdussalam Shohib, dengan alasan, kiyai muda ini masih bersih dari partai politik.

Tidak hanya tiga PW ini, Gus Salam dikabarkan juga mendapat dukungan dari Imam Nahrawi, Marwan Djakfar, Muhammad Nasir, Saifullah Yusuf, dan sejumlah tokoh-tokoh muda nahdliyin lainnya.

Selain dua nama di atas, PW GP ANSOR se-Kawasan Indonesia Timur (KTI) dikabarkan akan mengusung calon sendiri.

Sembilan PW ANSOR se-KTI yang meliputi PW GP Ansor Sulawesi Barat, PW GP Ansor Sulawesi Tengah, PW GP Ansor Sulawesi Selatan, PW GP Ansor Sulawesi Utara, PW GP Ansor Gorontalo, PW GP Ansor Papua dan Papua Barat, PW GP Ansor Maluku, dan PW GP Ansor Maluku Utara menyatakan siap  mengusung Harianto Oghie sebagai calon Ketua Umum GP Ansor. Hal ini tertuang dalam lima butir kesepakatan dalam deklarasi Sudiang yang dilaksanakan di Makassar.

Selain itu, Nusron Wahid yang saat ini menjabat Ketua Umum PP. GP Ansor dikabarkan tidak akan mencalonkan diri dengan alasan ingin menfokuskan pada tugas-tugasnya sebagai Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bawah kepemimpinan KH. Said Aqil Siradj.

Hingga berita ini diturunkan,  GP ANSOR se-Jawa Timur, yang diprediksi memiliki suara terkuat, belum menentukan calon Ketua Umum yang akan diusungnya, karena sampai sejauh ini belum ada gerakan dari pimpinan cabang masing-masing. (bor)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive