• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer

Pasti Aswaja's Content

Pon. Pes. Kali Glagah Gelar Seminar Pendidikan Pesantren

 on Sunday, February 14, 2016  

Jember – Pasti Aswaja Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kali Glagah, Jember, mengadakan Seminar Pendidikan Pesantren, Minggu (14/02/16), yang diikuti oleh 110 peserta.

Acara yang mengambil tema "Pengembangan Pendidikan Pesantren dan Masa Depan" ini menghadirkan dua narasumber, Prof. Dr. KH. Abd. Halim Soebahar, MA. dan RH. Taufik Hasyim. M.Pd.I.

Acara yang diikuti oleh seluruh dewan guru, asatidz, tenaga pengajar dan pendidik di lingkungan pesantren Kali Glagah ini diharapkan bisa menyadarkan semua pihak dalam memajukan lembaga pendidikan yang ada.

"Dengan pelaksanaan seminar ini, para guru dan asatidz bisa mengerti dan mengetahui problematika dan tantangan pendidikan Islam pada masa mendatang," tegas KH. Shofi Sholeh, Pengasuh PP. Miftahul Ulum Kali Glagah dalam sambutannya.

Dalam penyampaian materi, RH. Taufiq Hasyim lebih banyak menyampaikan tentang antisipasi pesantren terhadap globalisasi negatif.

"Harusnya pesantren mempersiapkan diri dalam menghadapi bahaya negatif kapitalisme dan liberalisme global," jelas pengasuh muda Pon. Pes. Sumber Anom, Pamekasan, Madura tersebut.

Berbeda dengan RH. Taufiq Hasyim, Prof. KH. Abd. Halim banyak penyampaikan tentang peluang pesantren di masa depan.

Menurutnya, pendidikan pesantren sudah mendapat tempat yang layak di negeri ini melalui UUD maupun peraturan menteri agama (PMA).

"Lulusan pesantren tidak usah ragu dan jangan ragu untuk menyekolahkan anaknya dan saudaranya di pesantren," terang Ketua MUI Jember tersebut.

"Warga pesantren harus tetap menjaga tradisi dan budaya pesantren sebagai qaidah al-muhafadzatu alal qadimisshalih wal akhdzu bil jadidil ashlah," imbuh Guru Besar IAIN Jember tersebut.

Sekedar diketahui, bahwa Pon. Pes. Kali Glagah adalah cabang khusus dari Pon. Pes. Miftahul Ulum Panyeppen. Hingga saat ini, yayasannya tetap bernaung di bawah yayasan Al-Miftah Panyeppen, Palengaan, Pamekasan, Madura.

Pesantren yang berdiri tahun 1992 ini pertama kali dirintis oleh KH. Moh. Muddatstsir Badruddin dan di bantu oleh KH. Moh. Soleh Badruddin, yang tak lain adalah kakak kandung dari KH. Moh. Muddatstsir Badruddin. (vix)

Pon. Pes. Kali Glagah Gelar Seminar Pendidikan Pesantren 4.5 5 Pasti Aswaja Sunday, February 14, 2016 Jember – Pasti Aswaja – Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kali Glagah, Jember, mengadakan Seminar Pendidikan Pesantren, Minggu (14/02/16),...


No comments:

Post a Comment

Pasti Aswaja. Powered by Blogger.
J-Theme