Category 1

Theme Support

Kang Said: "Nabi Mengajarkan Keadilan"

Jombang - Pasti Aswaja - Belum lama ini, ketua umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj menghadiri Haul Akbar KH. Bisri Syansuri ke-37 dan Haul Nyai Hj. Nur Chodijah ke-62 di Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang, Jawa Timur.

Dalam lawatannya, pria yang akrab disapa Kang Said tersebut menyampaikan beberapa pesan penting sebagai tamu kehormatan.

Alumni Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur tersebut mengungkapkan, bahwa salah satu ajaran dari Nabi Muhammad yang perlu diteladani oleh umat Islam di Indonesia dalam konteks kehidupan bernegara. 

Secara gamblang Kang Said menuturkan tentang kepemimpinan Nabi Muhammad yang lebih menitik beratkan pada aspek keadilan bukan agama.

"Beliau tidak mengajarkan mendirikan negara Islam, tidak juga negara Arab, tapi mengajarkan berlaku adil kepada masyarakat Madinah tanpa membedakan Arab, non-Arab, muslim, non-muslim. Di situ tugas kita mensyiarkan ajaran beliau," kata Kang Said dalam siaran persnya, Sabtu, 9 April 2016 seperti dikutip viva.co.id.

Ia mengajak kepada seluruh warga Indonesia, terlebih Nahdliyin, untuk mengamalkan prinsip-prinsip Ahlussunnah Wal Jamaah.

"Selama ini kunci keberhasilan NU dalam membantu pemerintah adalah dengan menerapkan sikap tasamuh, tawazun, tawasuth. Ketiganya merupakan landasan untuk tercapainya cita-cita besar pendiri NU dalam menjaga dan membangun negeri ini," jelasnya.

Dia juga mengajak umat untuk menyebarkan Islam yang rahmatan lil alamin, yakni ajaran Islam yang lebih mengedepankan nilai toleransi dan moderat.

"Sebagai umat Islam, kita memiliki kewajiban untuk terus melakukan dakwah tentang pentingnya toleransi antar umat di negeri ini," ungkap Kang Said. (bor/zai)
Photo source: viva.co.id

0 Response to "Kang Said: "Nabi Mengajarkan Keadilan""

Post a Comment

wdcfawqafwef