Category 1

Theme Support

Masyarakat Papua Inginkan Monumen Gus Dur


Jakarta - Pasti Aswaja - KH. Abdurahman Wahid atau yang lebih akrab disapa Gus Dur menjadi salah satu tokoh yang sangat dicintai oleh masyarakat Papua. Hal ini tak lepas dari perannya dalam mengangkat derajat Papua yang sebelumnya bernama Irian Jaya.

Mengingat jasa-jasanya yang sangat besar, masyarakat Papua menginginkan agar di sana dibangun Monumen Gus Dur.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang Pengurus Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU, Eman Hermawan saat mengisi kegiatan Kaderisasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kuningan, Jawa Barat. Senin (05/04/16).

Menurutnya, Masyarakat Papua mengaggap Gus Dur sebagai bapak mereka, karena pada tanggal 1 Januari 2001 nama Irian Jaya diganti menjadi Papua.

"Bagi orang Papua, jasa-jasa Gus Dur itu tidak terlupakan, mereka bahkan menganggap bahwa bapak orang Papua itu adalah Gus Dur," jelas Eman, seperti dikutip dari NU Online.

Dalam kesempatan itu, Eman juga mengutip perkataan Gus Dur yang akan selalu diingat oleh orang Papua.

"Orang Papua akan selalu mengingat perkataan Gus Dur; Mata saya memang tidak bisa melihat, tapi hati saya bisa merasakan air mata dan penderitaan orang Papua, maka dari itu wahai orang Papua, hari ini ku kembalikan harga dirimu sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kata-kata itu membuat mereka bisa menangis," tambah Eman.

Menurut Eman, keinginan masyarakat Papua tersebut saat ini dalam pembahasan DPP PKB untuk disampaikan kepada presiden Joko Widodo, agar secepatnya bisa dibangun monumen Gus Dur di Papua.(bor)
Source: NU Online

0 Response to "Masyarakat Papua Inginkan Monumen Gus Dur"

Post a Comment

wdcfawqafwef