Monday, May 9, 2016

JK Buka Pertemuan Para Pemimpin Islam Moderat Dunia

Jakarta – Pasti Aswaja Pengurus Besar Nahdlatu Ulama (PBNU) gelar pembukaan International Summit of Moderate Islamic Leaders (ISOMIL) atau pertemuan internasional para pemimpin Islam moderat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin pagi (09/05/16).

Acara yang dihelat 9-11 Mei 2016 tersebut dibuka oleh Mustasyar PBNU yang sekarang menjabat Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Jusuf Kalla ditandai dengan pemukulan bedug.

Wapres, dalam sambutanya menyampaikan sedikit tentang bahaya radikalisasi agama dan menyatakan sangat berbahagia dengan terselenggaranya ISOMIL.

“Kita percaya bahwa perwakilan yang ada di sini ingin mencerahkan masa depan,” kata JK, seperti dikutip dari NU Online.

Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj di hadapan delegasi yang hadir menyampaikan kritik dan  keprihatinannya terhadap situasi yang saat ini terjadi di Timur Tengah

"Wahai orang Arab, kenapa kalian berat sekali mengatakan Islam adalah agama kemanusiaan? Karena di negeri kalian sendiri, masih terjadi perang saudara," ujarnya.

Alumni Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur tersebut menyebutkan banyaknya ulama yang alim fiqh di Arab, tapi tidak disokong dengan jiwa nasionalisnya, seperti, Sayyid Quthb dan Syekh Hasan Al-Banna.

"Tapi di Indonesia ada Syekh Muhammad Hasyim Asy'ari. Beliau alim, faqih, dan juga sangat nasionalis," ujarnya dalam bahasa Arab disambut gemuruh tepuk tangan seisi ruangan.

Turut hadir pada kegiatan bertema "Islam Nusantara: Inspirasi & Solusi Untuk Peradaban Dunia" tersebut, Rais Aam PBNU, KH. Ma'ruf Amin, utusan PWNU seluruh Indonesia, dan delegasi ulama dari 35 negara. (bor/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive

Theme Support