Monday, May 9, 2016

Pembentukan LESBUMI PRNU Palengaan Daja I

Pamekasan – Pasti Aswaja Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Palengaan Daja I, Palengaan, Pamekasan, Madura adakan rapat untuk membahas pembentukan Lembaga Seni dan Kebudayaan Muslimin Indonesia (LESBUMI), Sabtu malam (08/05/16) di Madrasah Miftahul Ulum Ulum Buddagan, Palengaan Daja.

Menurut KH. Abdul Barri Rahman, Wakil Rois Syuriah Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Palengaan yang bertindak sebagai tuan rumah, adanya pertemuan yang melibatkan beberapa pemuda sekitar untuk menghidupkan kembali beberapa budaya di Indonesia, terlebih di wilayah Palengaan.

"Dulu di Palengaan Daja ini ada salah satu budaya lokal, tari pecut, yang digerakkan oleh LESBUMI, tapi karena beberapa sesepuh yang sudah tidak ada, maka budaya itu seakan hilang, "terangnya. "Malam ini, melalui pembentukan kembali LESBUMI, maka budaya itu (tari pecut.red) harus dihidupkan kembali," lanjutnya.

KH. Afifurrahman, Ketua Tanfidziyah MWC NU Palengaan dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap langkah yang diambil oleh PRNU Palengaan Daja I tersebut.

"Jadi, pengurus LESBUMI yang terpilih nantinya benar-benar serius dalam menjaga kesenian dan kebudayaan yang sudah ada sejak dulu," terang Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sekar Anyar, Palengaan tersebut.

Pria yang gemar memakai baju batik tersebut mengharap agar anggota kesenian tari pecut yang merupakan budaya asli Palengaan Daja turut serta dalam menjaga Indonesia dan tradisi Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA).

"Setalah ini, LESBUMI dengan tari pecutnya harus turut serta dalam pengawalan ASWAJA dan keutuhan Negara Indonesia," tegasnya disambut pernyataan siap oleh seisi ruangan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Rusdi, Sekretaris MWC NU Palengaan, H. Samsul Arifin, Kepala Desa Palengaan Daja, dan beberapa PRNU Palengaan Daja I dan Palengaan Daja II.

Dari hasil rapat yang dipimpin oleh Mohammad Ahnu Idris, Wakil Sekretaris MWC NU Palengaan, dipercaya Mohamad Zuhri, alumni Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Taman Sari Palengaan sebagai Ketua LESBUMI PRNU Palengaan Daja I. (bor/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive