Friday, July 15, 2016

KH. Hasyim Muzadi: Idul Fitri Untuk Meningkatkan Kualitas Kemanusiaan

Jakarta — Pasti Aswaja Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar halal bihalal bersama menteri agama, Lukman Hakim Syaifudin, Jumat (15/07/16), di kantor Kemenag RI, Thamrin.

Acara yang digelar mulai jam 09:00 sampai jam 11:00 itu menghadirkan mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama 2 periode (1999 — 2010) untuk memberikan tausyiyah seputar substansi halal bi halal dan Idul Fitri.

Dalam tausyiyahnya, pengasuh pesantren Al-Hikam Malang ini menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah hari raya kemanusiaan, "bukan karena event sebuah peristiwa sebagaimana peringatan-peringatan yang lain," terang penulis buku "Membangun NU Pasca Gus Dur" ini.

Lebih lanjut lagi, mantan ketua cabang PMII Malang ini menegaskan, Idul Fitri dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kemanusiaan.

Berkenaan dengan nilai-nilai kemanusiaan dalam perayaan Idul Fitri, anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini juga memaparkan tentang pandangan Islam terhadap HAM (Hak Asasi Manusia).

Menurut laki-laki yang lahir 72 tahun lalu ini, Hak Asasi Manusia (human right) di dalam Islam tidak dipisahkan dari kewajiban, larangan,  dan kebebasan dalam agama Islam itu sendiri. HAM tidak boleh terlepas dari kewajiban asasi manusia dan tanggung jawab kolektif masyarakat.

"HAM yang dipisahkan dari tanggung jawab justru dapat merusak tata nilai kemanusiaan itu sendiri dalam konteks harmonisasi hablun minallah dan hablun minannas." Paparnya.

Alumni IAIN Malang ini melanjutkan pembahasannya tentang konsep HAM dalam Islam. Menurutnya, HAM dalam Islam tidak hanya freedom of speech, freedom of expression, freedom of humanity, "namun lebih dari itu (Islam) menyusun harmonisasi antara freedom-freedom tersebut agar dapat dipertanggung jawabkan kepada umat dan Allah SWT." Pungkasnya. (ahn)
Photo source: (Fairouz Huda)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive

Theme Support