Thursday, November 10, 2016

Tokoh Katolik Pamekasan: "Gus Dur Harus Jadi Pahlawan Nasional"

Pamekasan — Pasti Aswaja Pimpinan Gereja Katolik Maria Ratu Para Rasul Pamekasan, Jawa Timur, Romo Fadjar Tedjo Soekarno, menegaskan bahwa KH. Abdurrahman Wahid atau yang lebih akrab disapa Gus Dur harus jadi Pahlawan Nasional.

Romo Fadjar Tedjo Soekarno
"Sumbangsih terbesar Gus Dur terhadap bangsa adalah perjuangannya yang pantang mundur dalam mengusung perdamaian," jelas Romo di areal Monumen Arek Lancor saat penggalangan tanda tangan untuk kepahlawanan Gus Dur, Pamekasan (10/11/16). "Makanya pemerintah harus segera menetapkan Gus Dur sebagai pahlawan nasional," lanjutnya. (Baca juga: 1001 Tanda Tangan Untuk Kepahlawanan Gus Dur)

Laki-laki bertubuh gempal itu menambahkan bahwa Gus Dur telah banyak memberikan inspirasi bagi banyak masyarakat Indonesia dalam membangun perdamaian di Bumi Nusantara ini.

"Konsep pluralisme yang dimiliki Gus Dur tidak hanya menjadi bagian penting dalam menjalin persaudaraan antar umat beragama, tapi juga menjadi bagian dari sejarah untuk menghilangkan sekat-sekat yang ada selama ini," jelas Romo kepada Pasti Aswaja.

Menurutnya, bagi dunia tidak penting perkembangan politik di Indonesia, "tapi mereka melihat Indonesia sebagai pusat kerukunan karena ketokohan Gus Dur dalam bersahabat dengan semua golongan, terlebih mereka yang kecil dan terpinggirkan," pungkasnya.

Saat ditanya oleh Pasti Aswaja tentang kaosnya yang bertuliskan "Dibolak-balik hati tetap NU", ia hanya berkelakar, "kalian ini masih dipertanyakan ke-NU-annya. Kalau saya sudah jelas NU. Buktinya kaos ini." Katanya sambil tertawa lebar. (bor/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive