Tuesday, January 31, 2017

Harlah ke-91 NU, LESBUMI Pamerkan Bermacam Karya Kuno

Jakarta – Pasti Aswaja – Sejumlah naskah kuno yang berisi berbagai ajaran Islam baik yang berhubungan dengan fiqh, akhlak dan tasawuf dipamerkan dalam even Pra Harlah yang diselenggarakan oleh Lesbumi (Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia) dan PBNU di lantai 8 Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat.

Diantara naskah-naskah tersebut terdapat mushaf Al-Quran tua yang ditulis tahun 1825 oleh Kiai Abdullah (Kudus), tafsir Al-Quran tua yang berhuruf pegon serta kitab Mas Buchori yang ditulis dalam huruf Jawa kuno.

Dipamerkan juga replika mushaf Al-Qur'an awal koleksi KH. Said Aqil Siradj, yakni mushaf yang disusun pada masa Sahabat Rasulullah SAW yang belum memiliki tanda baca sama sekali sebagaimana Al-Quran yang ada sekarang.

Selain naskah-naskah kuno, pada ruang pamer juga terpajang sejumlah senjata seperti keris, tombak dan kujang yang berasal dari masa kerajaan Mataram, Demak, Majapahit dan Pajajaran.

Juga tampak karya seni berupa lukisan dan wayang menyemarakkan ruang pajang yang bertempat di bagian luar pintu masuk ruang diskusi helatan Pra Harlah NU 91 itu.

Para pengunjung pameran yang sebagian besar juga hadir sebagai peserta Ngaji Sejarah dan Sinema pada hari Senin (30/01/17) tampak antusias melihat-lihat pajangan keris dan naskah-naskah kuno tersebut dengan tanda tanya dan kekaguman yang besar.

Selain berusaha meminta informasi terkait benda-benda bernilai sejarah tersebut kepada panitia, mereka juga menyempatkan diri berfoto di samping lukisan diri KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang berukuran cukup besar. Rencananya pameran masih akan digelar hingga sore hari ini (31/01/17). (ahn/mam)

Berikut gambar-gambarnya:















Source: @Lesbumi
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Theme Support