Category 1

Theme Support

KH. Hasyim Muzadi Kembali ke Rahmatullah

Malang – Pasti Aswaja – Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dua periode (1999-2010) DR. KH. Hasyim Muzadi tutup usia, Kamis pagi (16/03/17) di Malang, Jawa Timur.

Sebelumnya, anggota Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) ini sempat menjalani perawatan selama tiga hari di Rumah Sakit Lavalette, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang mulai 11 Maret 2017.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Baru saja dapat informasi dari pihak keluarga bahwa Kyai Hasyim Muzadi meninggal dunia pada pagi ini. Semoga beliau husnul khotimah,” ujar Juru Bicara Kepresidenan lewat pesan WhatsApp, Kamis, 16 Maret 2017.

Kabar berpulangnya Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang inipun langsung memenuhi timeline media jejaring sosial.

Informasi ini kemudian dibenarkan oleh Arif Zamhari, menantu Kiai Hasyim, lewat pesan singkat. Zamhari menyebutkan bahwa mantan aktivis PMII itu meninggal pada pukul 6.15 WIB, pagi ini.

“Jenazah insyaallah akan diberangkatkan ke pesantren Al-Hikam Depok, dari Malang hari ini, dan akan dishalatkan di Masjid Al Hikam setibanya di pesantren,” tutur Zamhari.

DR. KH. Hasyim Muzadi lahir pada 08 Agustus 1944. Alumni IAIN Malang ini mengawali kegiatan organisasinya dengan berpartisipasi aktif dalam organisasi kepemudaan semacam Gerakan Pemuda Ansor (GP-Ansor) dan organisasi kemahasiswaan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) hingga akhirnya dipercaya menjadi pemimpin kedua organisasi tersebut.

Pada tahun 1992 Kiai Hasyim dipercaya untuk menduduki kursi Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Kesuksesannya di NU Jawa Timur mampu menjadi batu loncatan bagi Hasyim untuk menjadi Ketua PBNU pada tahun 1999. Selain itu, suami dari Hj. Muthomimah ini pernah menjadi anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur pada tahun 1986.

Ada beberapa buku yang pernah ditulis Kiai Hasyim: Membangun NU Pasca Gus Dur (1999), NU di Tengah Agenda Persoalan Bangsa (1999), Menyembuhkan Luka NU  (2002). (ahn/fid)

0 Response to "KH. Hasyim Muzadi Kembali ke Rahmatullah"

Post a Comment

wdcfawqafwef