• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer

Pasti Aswaja's Content

Bersama Ansor, Umat Budha Pamekasan Kecam Tragedi Kemanusiaan di Rakhine

 on Monday, September 11, 2017  

Pamekasan – Pasti Aswaja – Pengurus Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC. GP. Ansor) Pamekasan megeluarkan pernyataan sikap bersama perwakilan umat Budha Pamekasan terkait tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Dengan didampingi perwakilan Polres dan Kodim setempat, Fathorrahman selaku Ketua PC. GP. Ansor Pamekasan dan Kosala Mahinda selaku Kepala Vihara Avalokitesvara Candi, Talang, Pamekasan menandatangani kesepakatan hitam di atas putih.

Penandatanganan itu, menurut Kosala, merupakan bentuk keperihatinanannya terhadap tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Rakhine Myanmar.

"Intinya, kami mengutuk kekerasan yang terjadi di Myanmar. Itu tidak bisa dibenarkan. Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan," kata Kosala kepada wartawan sesaat setelah penandatanganan pernyataan sikap di Kantor PC. GP. Ansor Pamekasan, Jl. R. Abd. Aziz, No. 95 Pamekasan, Senin (11/09/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Fathor juga mengecam kejadian yang menimpa Muslim Rohingya. Menurutnya, kejadian di Myanmar bukan masalah agama murni.

"Yang perlu diketahui sebelum pernyataan ini adalah bahwa tragedi kemanusiaan yang menimpa Muslim Rohingya adalah permasalahan geopolitik. Itu persoalannya. Dan apapun alasannya, kekerasan tidak bisa dibenarkam," tutur Dosen Universitas Madura (Unira) Pamekasan itu yang akrab disapa Paong.

Pria bertubuh gempal tersebut menambahkan, bahwa kekerasan yang dilakukan oleh oknum umat Budha di Rakhine tidak bisa dijadikan alasan untuk menjustifikasi umat Budha Indonesia.

"Tidak logis jika umat Budha Indonesia disamakan dengan oknum umat Budha di Rakhine State," lanjutnya.

Setelah penandatanganan pernyataan sikap, Kosala Mahinda bersama pengurus GP. Ansor Pamekasan menggalang dana kemanusiaan untuk etnis Rohingya di sepanjang jalan R. Abd. Aziz bersama pengurus Ansor.

Sebagai bentuk kepedulian, Kosala juga memberikan sumbangan dana melalui PC. GP. Ansor Pamekasan untuk membantu meringankan beban korban tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya. (bor/ahn)

Bersama Ansor, Umat Budha Pamekasan Kecam Tragedi Kemanusiaan di Rakhine 4.5 5 Pasti Aswaja Monday, September 11, 2017 Pamekasan – Pasti Aswaja – Pengurus Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC. GP. Ansor) Pamekasan megeluarkan pernyataan sikap bersama...


No comments:

Post a Comment

Pasti Aswaja. Powered by Blogger.
J-Theme