Thursday, January 17, 2019

Kang Manto Ajak Masyarakat Dukung Capres Dengan Elegan

Kang Manto Ajak Masyarakat Dukung Capres Dengan Elegan

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Prof. Sumanto Al-Qurtuby atau yang akrab disapa Kang Manto, Guru Besar Antropologi Budaya di King Fahd University of Petroleum and Minerals, Arab Saudi, menjelang Pemilu April mendatang, meminta masyarakat Indonesia mendukung pasangan Capres-Cawapres dengan elegan.

Sebagai negara demokrasi, masyarakat Indonesia boleh memilih siapa saja calon yang dianggap pantas. Tapi, tentu saja harus dengan cara yang elegan dan tidak mengorbankan kepentingan rakyat, bangsa, dan negara yang begitu berharga.

"Jangan korbankan ikatan pertemanan dan persaudaraan hanya karena beda pilihan Paslon (pasangan calon. Red.). Jangan sampai saling bermusuhan apalagi sampai cerai hanya karena beda calon idaman," tulis Kang Manto di blog pribadinya, sumantoalqurtuby.com, Rabu (16/01/19).

Dalam hajat lima tahunan ini, menurut Kang Manto, seharusnya tidak perlu ada fitnah, caci-maki, gontok-gontokkan, menyebar berita-berita hoax, dan seterusnya hanya karena ingin Paslon dukungannya menang di kontes Pilpres atau Pilkada.

"Kalian itu 'rakyat biasa' hanya dijadikan sebagai 'kayu bakar' saja oleh para makelar, 'tim sukses', atau petualang politik yang ngaceng kekuasaan dan jabatan. Jadi, untuk apa atau ngapain kalian sampai berantem hingga benjal-benjol, jontar-jontor lambe dan raimu hanya karena mendukung Paslon tertentu? Untuk apa? Coba pikir…" tegasnya.

Penulis buku Arus Cina-Islam-Jawa ini menilai, kemenangan yang diraih dengan cara-cara kotor, biadab, keji dan mungkar, seperti pada pelaksanaan Pilpres di AS, seharusnya tidak terjadi di Indonesia. Kalaupun Paslon yang didukung kemudian menang dengan cara-cara kotor, lanjut Kang Manto, mereka 'tak akan mampu memenangkan akal sehat dan hati-nurani mayoritas rakyat yang masih waras.

"Jadi, sekali lagi, dukunglah Paslon idola Anda dengan cara-cara yang santun dan elegan. Dukunglah capres yang visioner dan kerja keras untuk kemakmuran negeri, serta optimis yang kira-kira mampu membawa Indonesia ke de
pan menjadi negara yang lebih dahsyat dan disegani oleh bangsa-bangsa lain," pungkasnya. (mad/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive