Monday, January 21, 2019

Kiai Musleh Adnan: Isi Tulisan Cerminkan Akhlak Penulisnya

Kiai Musleh Adnan: Isi Tulisan Cerminkan Akhlak Penulisnya

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Menulis merupakan salah satu sarana dalam menyampaikan ide, pendapat, gagasan atau saran dalam bentuk rangkaian kata dan kalimat. Selain itu, menulis juga sebagai proses produksi guna menghasilkan sebuah karya yang bersumber dari pikiran.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh KH. M. Musleh Adnan, muballigh kondang yang sekarang menjadi pengurus Lembaga Dakwah di PCNU Pamekasan, Senin pagi (21/01/19), melalui akun Facebook pribadinya M Musleh Adnan.

Alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo ini menambahkan, tulisan tidak hanya sebatas sarana menyampaikan ide. Lebih dari itu, isi tulisan juga dapat mencerminkan kepribadian penulisnya seperti etika, kebiasaan dan pengetahuannya.

"Tulisan baik itu merupakan simbol mulut yang ada ditangan dan keindahan dalam hati," tulis Kiai Musleh mengutip pernyataan Ali bin 'Ubaidah.

Begitu juga halnya tulisan jelek yang berisi cacian dan makian. Mengutip pendapat Abu al-'Abbas al-Mubarrid, Kiai kelahiran Jember ini mengatakan, tulisan jelek itu menunjukkan akhlak penulisnya yang buruk. (ahn/mad)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive