Wednesday, January 16, 2019

Mahfud MD, Pluralisme Bukan Menganggap Semua Agama Benar

Mahfud MD, Pluralisme Bukan Menganggap Semua Agama Benar

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa istilah pluralisme berarti menganggap semua agama benar. Anggapan ini diluruskan oleh Mahfud MD, Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurutnya, pluralisme merupakan sikap menghargai perbedaan sebagai suatu fitrah ciptaan Tuhan yang harus diterima dan dihargai oleh umat manusia serta dapat bekerja sama dalam perbedaan guna mencapai kemajuan.

Hal tersebut dinyatakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 ini melalui akun twitter pribadinya, @mohmahfudmd, Rabu siang (16/01/19).

"Pluralisme bukanlah paham bhw semua agama itu benar. Pluralisme adl paham bhw perbedaan adl fithrah yg diciptakan oleh Tuhan sendiri dan kita sbg manusia siap menerima dan menghargai perbedaan2 itu dan bekerjasama dlm perbedaan tsb utk maju bersama. (Lht: Qur'an Srt Almaidah-48)." Tulisnya.

Ia menambahkan, pluralitas merupakan fakta bahwa manusia diciptakan Tuhan berbeda-beda sebagai fithrah.

"Pluralisme adl paham ttg bagaimana menyikapi dan menghayati fakta pluralitas itu dlm berhubungan dgn orang2 yg berbeda dlm hidup. Jd pluralisme itu adl penyikapan batin dan pikiran atas pluralitas." Lanjutnya di kolom komentar.

Kicauan Mahfud ini mendapatkan tanggapan beragam para netizen. Mayoritas mereka yang berkomentar mendukung pernyataan ayah tiga orang anak itu.

"Yang sama2 saudara iman saja kalau bicara beda pandangan pilpres langsung diCAP #kafir Apalagi kita diskusi masalah pluralisme prof @mohmahfudmd .kayaknya kita semakin jauh dr yg namanya BHINNEKA TUNGGAL IKA," tulis pemilik akun @jaka_zatmaya.

"Agama saya agama paling benar. Urusan pluralisme unt menghrgai perbedaan. Dan agama saya mengajarkan pluralisme sebelum pluralisme itu hadir." timpal akun @hp_arel.

Sampai berita ini diturunkan, kicauan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta itu sudah mendapatkan komentar sebanyak 216, 2.089 kali retweet, dan 3.892 suka. (bor/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive