Thursday, February 28, 2019

LPBINU Pastikan Arena Munas-Konbes Bebas Sampah

LPBINU Pastikan Arena Munas-Konbes Bebas Sampah

Baca Juga

Banjar — Pasti Aswaja — Persoalan sampah tidak hanya menjadi diskursus belaka dalam perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU 2019 di Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat. Tapi, sebagai langkah konkret menuntaskan persoalan tersebut, panitia menerjunkan ratusan Tim Operasi Bebas Sampah yang terdiri: pengurus Bank Sampah Nusantara (BSN), Lembaga Penanggulan Bencana dan Perubahan Iklam Nahdlatul Ulama (LPBI NU) dan santri. Tim ini akan selalu memastikan arena Munas dan Konbes NU 2019 bebas sampah.

Tim yang ada di bawah koordinasi LPBINU ini tersebar di beberapa titik krusial di arena acara. Mereka akan bekerja hingga perhelatan Munas dan Konbes NU selesai pada 1 Maret 2019.

Dikutip Pasti Aswaja dari NU Online, Kamis (28/02/19), salah seorang relawan LPBINU yang bertugas mengkoordinasi pasukan, Bara Sadera mengatakan, tim ini sudah terbagi menjadi beberapa satuan tugas. Satuan tugas tersebut telah memahami tugasnya masing-masing dalam mengelompokkan beberapa jenis sampah seperti: sampah kertas, kardus, gelas plastik, botol plastik, dan sampah-sampah elektronik seperti kabel dan lain-lain.

Sampah-sampah tersebut sudah tersortir sejak tahap pembersihannya sehingga akan mudah mengelola pada tahap selanjutnya.

Sejumlah titik konsentrasi pasukan semut LPBINU ini di antaranya: lokasi pembukaan Munas NU, NU Expo, lokasi bazar dan pasar rakyat, serta lingkungan pesantren secara umum.

Salah satu program unggulan LPBINU memang mengelola sampah. Saat ini lembaga tersebut mempunyai lembaga bernama Bank Sampah Nusantara. Lembaga pengelolaan sampah ini tidak hanya mengelola sampah, tetapi juga mengubah sampah memiliki nilai jual. (bor/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive