Wednesday, February 6, 2019

Mendikbud Akan Perbaiki Buku yang Sebut NU Ormas Radikal

Mendikbud Akan Perbaiki Buku yang Sebut NU Ormas Radikal

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Dua hari terakhir, jagad maya dihebohkan oleh unggahan @amrudinnejad_, Senin (04/02/19). Unggahan itu berisi gambar buku panduan bagi pelajar kelas V SD/MI berjudul Peristiwa dalam Kehidupan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI).

Pada halaman 45, salah satu sub pembahasan dalam buku tersebut berjudul Masa Awal Radikal (Tahun 1920-1927-an) yang mengategorisasikan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Nahdlatul Ulama (NU) sebagai kelompok radikal dan disetarakan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) serta organisasi lainnya.

Sontak saja, buku tersebut mendapatkan kritik keras warga NU. Salah satunya pemilik akun @qitmr. Akun ini mempertanyakan peristiwa yang telah dilakukan NU sehingga dikategorikan Ormas radikal.

"Coba itu periode 1926 (lahirnya NU) sampai 1927 yang dibuku disebut “masa radikal”, peristiwa sejarah apa yang dilakukan NU? Sholawatan, tahlilan dianggap radikal? Kalo iya fix ni yang bikin buku pasti curut khilafah," tulisnya ditambahi cc kepada akun @noeruzzaman, @mantriss dan @syaltout.

Menanggapi kehebohan tersebut, Muhajir Efendi selaku Menteri Penddidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengaku akan memperbaiki konten buku tersebut.

"Akan segera diperbaiki, Saya sudah minta Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, untuk berkonsultasi dengan pihak-pihak yang berkeberatan bagaimana baiknya," ujar Muhajir seperti dikutip TIMES Indonesia, Selasa (5/2/19).

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menjelaskan, banyak yang menghubungi dirinya melalui WA mempertanyakan isi buku tersebut. Muhajir mengaku buku tersebut sudah beredar sejak tahun 2014 dan mengalami dua kali revisi. Revisi terakhir, ia menandatangani dengan menambahkan muatan informatika. (ahn/uki)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive