Wednesday, February 27, 2019

Munas-Konbes, NU Jawa Timur Akan Usulkan Ahwa Jadi Lembaga

Munas-Konbes, NU Jawa Timur Akan Usulkan Ahwa Jadi Lembaga

Baca Juga

Banjar — Pasti Aswaja — KH. Marzuki Mustamar selaku Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Rabu (27/02/19) mengatakan, Indonesia harus tetap menjaga identitasnya, masyarakat Islam tetap berkembang tanpa kehilangan identitasnya sebagai warga negara Indonesia. Sehingga, antara ke-Idonesia-an dan ke-Islam-an menyatu dan terwujud dalam Islam Nusantara.

Hal itu, tutur Kiai Marzuki akan disampaikan utusan PWNU Jawa Timur pada pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama di Banjar, Jawa Barat, 27 Februari – 1 Maret 2019.

Dikutip Pasti Aswaja dari situs RMI NU Jawa Timur, Pengasuh Pesantren Sabilur Rosyad Gasek Malang ini menyampaikan, ada sejumlah usulan yang hendak disampaikan dalam forum tertinggi kedua setelah Muktamar ini.

PWNU Jawa Timur menginginkan agar konsep Ahlul Halli wal 'Aqdi (Ahwa) menjadi badan tersendiri. Ahwa, tutur Kiai Marzuki, akan dilembagakan ditentukan secara periodik. Sehingga, Ahwa bisa menentukan dan menunjuk Rais, bila Rais Syuriah yang meninggal dunia atau berhalangan.

Dengan begitu, lanjut Kiai Marzuki, Ahwa bersidang dan langsung menyelesaikan kekosongan kepemimpinan dalam tubuh NU tanpa harus menunggu pelaksanaan Muktamar Luar Biasa (MLB) yang pelaksanaannya bisa menghabiskan banyak biaya. (ahn/dur)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive