Sunday, March 24, 2019

PWNU Jawa Timur Ziarah ke Makam Kiai Sirojuddin Bettet

PWNU Jawa Timur Ziarah ke Makam Kiai Sirojuddin Bettet

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mendatangi kompleks pemakaman Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet, Pamekasan guna berziarah ke makam KH. Sirojuddin, pendiri NU Pamekasan, Ahad siang (24/03/19).

Tampak dalam rombongan tersebut Prof. Dr. KH. Abd. A’la (Wakil Ketua PWNU Jawa Timur), KH. Syamsuddin, KH. Riyadi Ngasirat (Pimred Majalah Aula), serta beberapa pengurus lainnya. Rombongan yang tiba sekitar jam 02:15 itu ditemui oleh beberapa jajaran Syuriah: KH. Misbahul Munir, KH. Nasir, K. Abd. Bari serta beberapa pengurus jajaran Tanfidziah: KH. Ihyauddin Yasin, KH. Sohebuddin, K. Zainul Hasan dan pengurus lainnya.

KH. Syamsuddin selaku koordinator rombongan menuturkan, ada lima rombongan ziarah maqbarah yang dibagi berdasarkan zona yang menjadi tujuan ziarah maqbarah PWNU Jawa Timur: Jombang, Madura, Surabaya, Tapal Kuda dan Malang.

"Kami tadi berangkat jam enam dan diberangkatkan secara resmi oleh Ketua PWNU (Jawa Timur. Red.), KH. Marzuki Mustamar. Sebelum ke sini, kami tadi ke makam Syaikhana Kholil dan Kiai Muntaha. Kita juga sempat ziarah ke Bebek Sinjai," kelakarnya disambut tawa hadirin.

Selain itu, Kiai Syamsuddin mengatakan, agenda tersebut bertujuan menyerap informasi tentang kehidupan Kiai Siroj dan perjuangannya mendirikan NU di Pamekasan.

Sementara itu, Kiai Zainul Hasan mewakili PCNU Pamekasan memaparkan perjalanan dan karamah Kiai Siroj. “Beliau pendiri NU pertama di Pamekasan,” ucapnya.

Kiai Zainul mengisahkan, Kiai Siroj merupakan sahabat karib salah satu pendiri NU, KH. Wahab Hasbullah, waktu belajar di Makkah.

Di akhir pemaparannya, Kiai Zainul mengapresiasi agenda tersebut. Ia juga berharap, agenda tersebut terus berjalan serta tetap melakukan kunjungan ke PCNU Pamekasan.

“Semoga program ini terus lanjut, karena di sini ada makam Kiai Syarqowi yang bertempat di Panempan yang dulunya menjadi Rais di PWNU Jawa Timur di masa hidupnya,” pungkasnya. (ahn/dur)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive