Wednesday, April 3, 2019

Kiai Ma'ruf Dihadang, Pemuda Proppo Angkat Bicara

Kiai Ma'ruf Dihadang, Pemuda Proppo Angkat Bicara

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Pengahadangan terhadap KH. Ma'ruf Amin saat hendak ziarah ke makam leluhurnya, Kiai Suhro, di Desa Jambringin, Proppo, Pamekasan, menuai banyak kecaman dari berbagai pihak.

Kali ini, kecaman dilayangkan oleh salah satu tokoh pemuda Proppo, Rozi Baswedan. Rozi menilai, tindakan premanisme tersebut tidak mencerminkan etika dan adat istiadat masyarakat Madura, khususnya Kabupaten Pamekasan yang berjargon Gerbang Salam.

Menurut mantan aktivis mahasiswa ini, tindakan tersebut tidak ubahnya kelompok Wahabi yang mengharamkan dan menganggap syirik ziarah kubur.

"Mereka itu preman-preman kampung, tapi mengenakan pakaian ala santri. Mereka berkumpul sambil menghadang tokoh nasional yang mau ziarah ke makam leluhurnya," ujar Rozi, Rabu (03/04/19).

Yang sangat disayangkan, lanjut Rozi, tidak adanya kiai setempat yang berupaya menghalau massa, malah ada kesan pembiaran kejadian tersebut.

"Padahal lokasinya berdekatan dengan salah satu kiai pengasuh pesantren yang menjadi tokoh di daerah itu," pungkasnya. (ahn/fiq)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive