Thursday, April 4, 2019

Ratusan Bendera NU Warnai Petik Laut Nelayan Desa Padellegan

Ratusan Bendera NU Warnai Petik Laut Nelayan Desa Padellegan

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Acara petik laut Nelayan Desa Padellegan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan terlihat berbeda. Pasalnya, tradisi tahunan yang diwariskan turun-temurun guna memohon keberkahan saat melaut itu menancapkan bendera Nahdlatul Ulama (NU) pada ratusan perahu yang mengikuti kegiatan tersebut, Kamis (04/04/2019) di pantai setempat.

Diketahui, ratusan bendera tersebut merupakan hadiah dari Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU) Kabupaten Pamekasan kepada para nelayan melalui Kepala Desa setempat, H. Ibnu Hajar.

H. Subari, Ketua Panitia petik laut mengaku senang atas hadiah yang diberikan BKNU kepada para nelayan. Menurutnya, bendera-bendera itu memiliki nilai spiritual, sehingga dirinya turun langsung membatu para nelayan memasang bendera NU.

"Bendera NU yang dipasang diperahu itu bisa menjadi azimat bagi para nelayan Desa Padellegan, saat mereka melaut," ungkap H. Subari disela-sela acara.

Sementara itu, Mahfud Effendi, Ketua BKMU Pamekasan mengaku, pihaknya perlu turut serta memeriahkan tradisi tersebut.  Menurutnya, warisan leluhur yang sudah bertahun-tahun ini harus terus dilestarikan.

"Nelayan itu memiliki kekuatan prinsip kerja yang tidak dimiliki orang lain. Mereka ikhlas dan gigih dalam bekerja. Karenanya, dukungan doa dari para guru dan Kiai-kiai NU sangat mereka butuhkan," ucap Dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan tersebut. (bor/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive