Sunday, May 5, 2019

PBNU Ikhbarkan Besok Awal Ramadhan 1440 H

PBNU Ikhbarkan Besok Awal Ramadhan 1440 H

Baca Juga

Jakarta — Pasti Aswaja — Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siroj, mengeluarkan ikhbar resmi hasil pantauan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) berkenaan awal Ramadhan 1440 H, Ahad sore (05/05/19), di Gedung PBNU, Jl. Kramat Raya, No. 164, Jakarta Pusat.

Ikhbar ini didasarkan hasil pantauan LFNU yang tersebar di seluruh Indonesia. Empat titik di Indonesia bagian barat menyatakan melihat hilal dan sudah disumpah oleh pengadilan agama setempat.

Hilal di empat titik tersebut, semuanya berada di ketinggian lima derajat. Posisi ini sesuai dengan hasil hisab Lembaga Falakiyah PBNU.

"Indonesia timur sama sekali tidak melihat hilal, karena mendung yang sangat tebal. Indonesia tengah juga sama (tidak melihat hilal. Red.)," tutur Kiai Said.

Hasil pantauan tim rukyatul hilal LFNU di Indonesia bagian barat ialah sebagai berikut: Pantai Condrodipo Gresik melihat hilal pada jam 17:24. Tanjung Kodok Lamongan melihat hilal pada pukul 17:29, Pelabuhan Ratu Sukabumi 17:58, juga Pantai Gebang Bangkalan mengaku melihat hilal.

"Oleh karena itu, kita bisa menyimpulkan bahwa berdasarkan rukyatul hilal yang berhasil dilakukan oleh empat titik Lembaga Falakiyah NU, kita bisa menyimpulkan bahwa, satu Ramadhan, awal Ramadhan tahun 1440 H. jatuh pada besok hari Senin tanggal 06 Mei tahun 2019 M," tegasnya. (mad/ahn)
Share:

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive