Tuesday, June 25, 2019

Lagi, Ketum PBNU Bimbing Lima Warga Jepang Bersyahadat

Lagi, Ketum PBNU Bimbing Lima Warga Jepang Bersyahadat

Baca Juga

Jakarta — Pasti Aswaja — Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siroj, membimbing lima warga negara Jepang mengucapkan kalimat syahadat, Senin (24/06/19), di Kantor PBNU, Jl. Kramat Jaya, No. 164, Jakarta Pusat. Kelima orang itu ialah: Kumiko Kojima, Shinya Konishi, Shiro Miyake Shigeto Saito, dan Kazuhiro Yano.

Mereka bersyahadat disaksikan oleh beberapa pengurus PBNU, dan KH. Miftahul Akhyar selaku Rais 'Aam PBNU mendoakan kelima warga asal Negeri Mata Hari Terbit itu.

Sebagaimana kebiasaannya, Kiai Said menambahkan nama depan bagi kelima orang tersebut: Sayyidah Kumiko Kojima, Abdullah Shinya Konishi, Aziz Shiro Miyake, Karim Shigeto Saito, dan Jabir Kazuhiro Yano.

Pasca prosesi pengucapan kalimat syahadat, Kiai Said menjelaskan secara singkat tentang Islam. Menurutnya, Islam berasal dari kata salam yang berarti damai, dan kata salamah yang berarti selamat. Sehingga, lanjut Kiai Said, pribadi muslim harus bisa memberikan keselamatkan di dunia, sebagaimana diutusnya Nabi Muhammad dengan misi perdamaian.

Kiai Said kemudian mengisahkan kehidupan Nabi Muhammad di Madinah yang plural. Meski demikian Rasulullah tidak membedakan penduduk Madinah. Muslim maupun non-Muslim diberlakukan sama dan adil. Nabi Muhammad juga berteman dengan raja-raja Kristen dan non-Muslim. Semua teman, semua saudara.

Islam yang datang ke Indonesia, lanjut Kiai Said, merupakan Islam yang ramah dan toleran. Sedangkan NU sebagai organisasi sosial keagamaan terbesar di Indonesia didirikan guna membangun hubungan persaudaraan.

Menurut Kiai Said, Islam sangat menentang tindakan radikalisme, terorisme, caci-maki, memaksa orang lain masuk Islam, atau membunuh. Namun, yang terpenting dalam ajaran Islam, ialah tauhid: meyakini Allah sebagai Tuhan, dan Muhammad sebagai utusanNya. (uki/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ads

Ads

Latest News

Popular Posts

Blog Archive