Wednesday, July 3, 2019

Kunjungi PBNU, Dubes Arab Saudi Bahas Radikalisme

Kunjungi PBNU, Dubes Arab Saudi Bahas Radikalisme

Baca Juga

Jakarta — Pasti Aswaja — Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid A. Althagafi, mendatangi Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jl. Kramat Jaya, No. 164, Jakarta, Selasa (02/07/19).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas perselisihan atas nama umat Islam terutama yang dilakukan oleh organisasi terlarang seperti ISIS, serta pembidahan terhadap tradisi umat Islam oleh beberapa kelompok yang dinilai bertentangan dengan ajaran dakwah Islam.

Kedua pihak juga membahas upaya kerja sama dalam beberapa bidang seperti pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.

"Beliau seorang diplomat ulung, diplomat senior yang memang diberi amanah khusus oleh Raja Salman bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman agar memperkuat, meningkatkan, mengembangkan hubungan antara Saudi Arabia dengan Indonesia di semua lini, baik itu haji, umrah, maupun hubungan dagang, hubungan budaya, hubungan sosial," jelas KH. Said Aqil Siroj, Ketua Umum PBNU.

Kiai Said merasa bangga dan gembira, karena Dubes yang baru tersebut sangat terbuka dan memiliki wawasan luas serta memiliki pandangan yang sama dengan NU, yakni Islam wasathiyah yang menjadi start point kebersamaan antara kedua pihak.

"(Islam wasathiyah. Red.) ini harus kita bangun bersama. Karena di hari-hari ini nama baik Islam, kredibilitas Islam rusak, hancur, karena munculnya pemahaman-pemahaman Islam radikal, ekstrem, bahkan sampai teroris," ucapnya.

Guru Besar Ilmu Tasawuf di UIN Sunan Ampel Surabaya ini mengajak umat Islam bersama-sama memperbaiki dan mengembalikan nama baik agama Islam yang tercoreng oleh tindakan kelompok-kelompok radikal yang melakukan aksi kekerasan dengan mengatasnamakan agama.

Pada kesempatan yang sama, Esam mengungkapkan kebahagiaannya bisa mengunjungi kantor PBNU. Ia berharap pertemuan tersebut dapat membuka pintu baru dalam mengembangkan Islam wasathiyah yang selama ini dikampanyekan oleh NU.

Selain Kiai Said, Esam juga ditemui oleh beberapa pengurus PBNU: Helmy Faishal Zaini (Sekretaris Jenderal), Robikin Emhas, KH. Nurul Yaqin Ishaq, H. Bina Suhendra, H. Eman Suryaman, H. Umarsyah, Ishfah Abidal Aziz. (ron/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive