Thursday, July 4, 2019

Tertarik Dakwah NU, Warga Negara Ukraina Ucap Syahadat di PBNU

Tertarik Dakwah NU, Warga Negara Ukraina Ucap Syahadat di PBNU

Baca Juga

Jakarta — Pasti Aswaja — Ivan Mykhailov, warga negara Ukraina, mengikrarkan dua kalimat syahadat dibimbing Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), H. Helmy Faishal Zaini, di ruangannya, Gedung PBNU, Jl. Kramat Jaya, No. 164, Jakarta, Kamis (04/07/19).

Disaksikan Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Masjid, KH Abdul Manan A. Ghani, dan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU, Ishfah Abidal Azis, Ivan mengucapkan syahadat berbahasa Arab kemudian diterjemahkan menggunakan bahasa Inggris mengikuti bimbingan Helmy Faishal. Setelah prosesi tersebut usai, dilanjutkan dengan doa dipimpin Kiai Manan.

Setelah resmi memeluk Islam, Ivan ditambah Ahmad di bagian depan namanya. Ia kini menjadi Ahmad Ivan Mykhailov.

PBNU, kata Helmy Faishal, semakin sering kedatangan orang-orang membaca dua kalimat syahadat, dan berirkrar memeluk Islam. Hal tersebut, menurutnya, menjadi indikasi keberhasilan dakwah NU yang sejuk dan ramah, sehingga tdak hanya membuat orang Indonesia tertarik, tapi juga warga negara asing.

Helmy melanjutkan, akhir-akhir ini di Indonesia terjadi politik identitas. Kelompok ini tidak menampilkan Islam yang sejuk, tapi garang, sehingga menyebabkan problem bagi nama agama.

Dalam situasi seperti itu, menurut Helmy, NU dengan pandangan Islam wasathiyah menjadi angin segar yang membuat masyarakat tertarik, dan dakwah NU menjadi solusi memberikan ketenangan batinnya.

Ivan mengenal NU dan pandangan keislamannya setelah dirinya tinggal di Indonesia selama satu tahun. Di lingkungan timpatnya tinggal, ia mulai mengenal NU, dan kemudian menggali informasi melalui dunia maya.

Setelah memiliki pengetahuan yang cukul tentang NU, Ivan sangat tertarik dengan ajaran Islam, hingga dirinya memutuskan datang ke PBNU dan meminta bimbingan mengucap dua kalimat syahadat. (mad/uki)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive