Friday, October 4, 2019

Koloman Malem Sabto Wadah Kader PMII STAI-MU Belajar Jurnalistik

Koloman Malem Sabto Wadah Kader PMII STAI-MU Belajar Jurnalistik

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI-MU) Pamekasan membentuk forum diskusi jurnalistik yang diberi nama Koloman Malem Sabto (Bahasa Madura: forum malam Sabtu). Sesuai namanya, forum diskusi tersebut dilaksanakan setiap malam Sabtu.

Moh Zainal selaku Sekretaris PK PMII STAI-MU Pamekasan mengatakan, forum tersebut dibentuk sebagai wadah bagi kader-kader PMII STAI-MU yang memiliki minat dan mengembangkan bakatnya di dunia jurnalistik.

Lebih lanjut, Zainal mengatakan, dibentuknya forum tersebut guna mencetak calon-calon jurnalis berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah. Karena, menurutnya, saat ini tidak sedikit media massa yang kontennya menyudutkan Aswaja.

"Kalau kita searching di Google dan memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan keislaman atau keagamaan, maka yang akan muncul di bagian atas (di Google. Red.) itu media-media milik Salafi-Wahabi yang isinya banyak bertentangan dengan paham Aswaja, dan tidak jarang isinya provokatif," papar mahasiswa Ekonomi Syariah itu, Jumat (04/10/2019) malam, di kediaman Wasil, salah satu anggota Koloman Malem Sabto.

Guna menyampaikan materi-materi jurnalistik, Koloman Malem Sabto menggandeng Muhammad Ahnu Idris, Sekretaris Redaksi Pasti Aswaja.

"Kebetulan Kak Ahnu itu dosen di STAI-MU. Beliau juga senior kita di PMII. Dan ketika kita sowan pertama kali, Kak Ahnu mintanya setiap malam Sabtu, karena biasanya tidak ada agenda. Ya, akhirnya kita sepakati supaya koloman ini dilaksanakan setiap malam Sabtu," tangkas Zainal.

Di tempat yang sama, Mahrus, Ketua Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Revolusi STAI-MU Pamekasan, mengaku dirinya sangat terbantu dengan keberadaan Koloman Malem Sabto.

"Di LPM kita biasanya cuma mempelajari teori dan kaidah-kaidah seputar jurnalistik. Nah, di forum (Koloman Malem Sabto. Red.) ini kita bisa memperdalam ilmu yang kita dapat di LPM," ujar mahasiswa Pendidikan Agama Islam yang juga aktivis PMII itu, usai mengikuti forum. (bor/uki)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive