Sunday, November 17, 2019

PAC GP Ansor Palengaan Akan Gelar DTD Bulan Depan

PAC GP Ansor Palengaan Akan Gelar DTD Bulan Depan

Baca Juga

Pamekasan — Pasti Aswaja — Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Palengan, Sabtu (16/11/2019) malam, menggelar rapat persiapan Diklat Terpadu Dasar (DTD) di Dusun Nagasari, Desa Palengaan Laok, Palengaan, Pamekasan, tepatnya di kediaman Burawi, salah satu pengurus PAC GP Ansor Palengaan.

DTD meruapakan perpaduan antara Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) sebagai syarat menjadi anggota GP Ansor dan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) sebagai syarat menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Lulusan DTD bisa memilih antara menjadi kader GP Ansor atau anggota Banser.

"DTD ini terdiri dari 50 persen materi Ansor dan 50 persen materi Banser. Jadi, pasca mengikuti DTD peserta tinggal pilih mau jadi Ansor apa mau jadi Banser. Anggota Ansor itu belum tentu Banser, tapi Banser sudah pasti Ansor. Tinggal dipilih," jelas Sudarsono, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Palengaan usai rapat.

DTD ini, menurut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini, digelar guna membentengi para pemuda di kecamatan setempat agar tidak mudah terpengarus gerakan kelompok-kelompok radikal yang saat ini gencar menyasar kalangan pemuda.

"Sebagai calon pemimpin di masa mendatang, para pemuda harus memiliki wawasan kebangsaan yang luas dan memiliki pemahaman agama yang komprehensif. Dengan demikian, maka ruang gerak kelompok radikal ini akan sempit," lanjut Darso, sapaan akrabnya.

Darso mengaku, akan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat di 12 desa yang ada di Kecamatan Palengaan agar mendorong para pemuda di desanya mendaftarkan diri pada kegiatan yang akan ia digelar.

"Kami juga akan sowan kepada para kiai di pesantren-pesantren agar turut serta mendelegasikan santrinya menjadi peserta DTD," imbuhnya.

Lebih lanjut, pemuda kelahiran Sumenep ini mengatakan, DTD akan dilaksanakan bulan depan di Pondok Pesantren Sumber Kuning, Larangan Badung, Palengaan, Pamekasan, mulai tanggal enam sampai tanggal delapan. (bor/ahn)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts

Blog Archive