Thursday, August 27, 2020

Sebut Amaliah Kiai-kiai Palengaan Tak Berdalil, Gasper Kecam Andi Octavian Latief

Sebut Amaliah Kiai-kiai Palengaan Tak Berdalil, Gasper Kecam Andi Octavian Latief

Baca Juga


Pamekasan - Pasti Aswaja -
Pernyataan mantan juara dunia olimpiade fisika, Andi Octavian Latief, dalam sebuah video viral yang menyebutkan kiai-kiai di Kecamatan Palengaan, Pamekasan mengamalkan amaliah tradisional tanpa didasari dalil-dalil dan mempraktekan amaliah yang aneh-anehndikecaman oleh Abdul Wafi, anggota Gerakan Santri dan Pemuda Rahmatan Lil Alamin (Gasper) Madura Bidang Kajian Keagamaan.

Pernyataan Andi yang tak lain juga berasal dari Palengaan itu, menurut Wafi, melukai hati santri, alumni-alumni pesantren Kecamatan Palengaan dan guru-gurunya.

Tidak hanya itu, kepada Pasti Aswaja Wafi menyebutkan, pernyataan Andi juga membuat resah masyarakat Palengaan yang sejak dulu hidup rukun, tenang, damai dan nyaman dalam menjalankan ajaran agama.

"Dulu kami sangat bangga kepadanya, karena prestasi dan pencapaian yang luar biasa. Namun, kali ini situasinya sudah berbeda. Dia mulai berani menyalahkan amaliah masyarakat yang sesuai dengan dalil yang dipelajari di madrasah dan pesantren, sebagaimana ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah. Itu sikap yang tidak berakhlak," jelas Wafi, sapaan akrabnya.

Wafi memaparkan, pernyataan Andi lainnya yang menyinggung perasaan santri dan alumni pesantren ialah, kebiasaan masyarakat pada Jumat legi (manis. Madura) dan meyakini sesuatu yang tidak ilmiah merupakan syirik ashghar.

Kontrobersial


"Itu pernyataan orang yang tidak mengerti agama dan menunjukkan kalau dirinya bodoh. Padahal, tidak semua yang ada di dalam agama ini bisa diilmiahkan (ta'abbudi.red), seperti siksa kubur, doa dan sedekah untuk mayat, serta hari kiamat. Itu tidak bisa diilmiahkan, tapi ada dalilnya," paparnya.

Wafi menyarankan, agar Andi fokus pada aktifitasnya dan berbicara sesuai dengan kapasitas yang ia miliki.

"Kalau mau berbicara soal agama, belajar dulu tentang agama yang baik dan benar. Ngaji tafsir, fikih, balaghah dan kitab-kitab lain yang ada di pesantren, bukan belajar dari internet. Sebaiknya, kalau memang dia basicnya ahli fisika, tidak perlu bicara soal agama," jelasnya.

Wafi menegaskan, jika Andi tetap menyalahkan dan mengusik amaliah masyarakat, maka pihaknya akan melakukan gerakan penolakan dan turun langsung bersama masyarakat. (bor)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Home Style

Contact Form

Name

Email *

Message *

Quotes

Quotes

Latest News

Popular Posts